Langsung ke konten utama

Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Anak







Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Anak

By: Wyeth Nutrition2015-10-08 17:00:00 (UTC)
Mam, yuk pelajari bahan makanan apa saja yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak-anak:

1. Salmon
Asam lemak omega 3-DHA dan EPA sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak, dan salmon adalah sumber terbaik yang memiliki kandungan tersebut. Kebutuhan anak-anak akan omega 3 perhari adalah 1,2 gram, dan dalam 100 gram ikan salmon mengandung 2,2 gram asam lemak omega 3.


2. Telur
Kuning telur ternyata kaya akan kandungan kolin di dalamnya. Kolin merupakan zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. 1 butir telur berukuran besar memiliki kandungan kolin 126 mg. ini lebih besar dari 2 sendok makan selai kacang yang hanya mengandung 20 mg dan 300 gram daging sapi memiliki kandungan 66 mg kolin.

3. Selai Kacang
Kacang tanah, yang diolah menjadi selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi membaran-membran sel saraf. Kebutuhan anak-anak perhari akan Vitamin E adalah 4-10 mg dan 2 sendok selai kacang mengandung 2,9 mg Vitamin E.

4. Kacang-kacangan
Jenis makanan ini memiliki protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang juga kaya akan kandungan serat,vitamin, dan mineral. Kacang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang yang lain, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.


5. Gandum Murni
Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan, dan gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Selain itu, gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf. Kandungan vitamin B pada gandum adalah 1,5 mg per 100 gram, dan kebutuhan vitamin B pada anak-anak adalah 1 mg per hari.

6. Havermut
Havermut merupakan sereal bergizi yang penting bagi otak. Havermut dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Havermut juga kaya akan kandungan serat yang menjaga otak anak terpenuhi kebuthannnya sepanjang hari. Selain itu, Havermut juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium dan seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh . Havermut memiliki kandungan vitamin E 0,08 mg pada setiap 250 gram, vitamin B 0,26 mg per 250 gram dan seng 6,19 mg per 250 gram havermut.

7. Beri
Semakin kuat warna yang dimiliki oleh kelompok keluarga beri seperti stroberi,ceri, bluberi, maka semakin banyak zat gizi yang dikandungnya. Beri mengandung antioksidan kadar tinggi, terutama Vitamin C, yang bisa mencegah kanker. Biji dari buah beri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega 3.

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya gizi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan yoghurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis zat gizi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Kandungan protein dan karbohidrat yang dimiliki oleh susu dan yoghurt merupakan sumber energi yang baik bagi otak.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi adalah 4,05 mg. Sedangkan kebutuhan akan zat besi pada anak-anak adalah 3-10 mg per hari.
(Copas dari Parentingclub)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Day care

Assalamualaikum Wr.Wb kami memginfokan kembali Spp khazanah day care sbb :                             BIAYA PROGRAM KELAS  _Program Kelas FULLDAY  1.Usia bayi (3 bulan - 12 bulan) Rp 1,95 juta (DISEDIAKAN ORANG TUA ) 2. Usia Balita(13 Bulan - 6 Tahun ) Rp 1,95 Juta      -Makan 3x(makan pagi siang dan sore)      -Cemilan dan Buah _Program Kelas Halfday  1.Usia bayi (3 bulan - 12 bulan) Rp 1,55 juta (DISEDIAKAN ORANG TUA ) 2. Usia Balita(13 Bulan - 6 Tahun ) Rp 1,55 Juta      -Makan 3x(makan pagi siang dan sore)      -Cemilan dan Buah _Program Kelas Harian 200 ribu / Hari _Overtime Harian 1.000 / mnt  _Overtime Bulanan Pagi 500 ribu / 1 jam _Overtime Bulanan Malam 300 ribu / 1 jam JAM OPERASIONAL 07.00 - 18.00 (tol Wassalamualaikum Wr.Wb

DAYCARE ATAU PENGASUH

DAYCARE ATAU PENGASUH? (Copas dari www.Ayahbunda.com) Kini jasa  babysitter  atau pengasuh anak yang andal dan terjangkau memang makin langka. Tak heran para bunda dan ayah saat ini mulai mencari pilihan lain dalam cara pengasuhan anak, yaitu menggunakan jasa  daycare  atau tempat penitipan anak. Meskipun jumlah  daycare saat ini masih terbatas, diperkirakan akan menjadi  booming  di masa depan, sesuai dengan meningkatnya kebutuhan orangtua muda di kota-kota besar menitipkan anak manakala mereka bekerja. Jika saat ini Anda sedang menimbang-nimbang untuk menggunakan antara jasa  babysitter  atau  daycare ,  simak perbandingan keduanya secara lengkap dari segi  biaya, aksesibilitas, tingkat kepraktisan,  dan yang paling penting tentunya dari sisi  keamanan  bagi anak dan stimulasi yang tersedia untuk tumbuh kembang anak Anda. Pada akhirnya, pilihan berpulang pada Anda!  Biaya Babysitter Gaji dan THR.  Bervariasi antara Rp 1.500.00 - Rp 2.500.000, tergantung domisili (st

JADWAL HARIAN DI KHAZANAH DAYCARE

WAKTU KETERANGAN 07.00 – 09.00        Murotal Quran       Mandi Pagi , Sarapan dan Olahraga 09.00 – 10.10 BELAJAR SAMBIL BERMAIN     Shalat Dhuha     Membaca Iqra      C alistung     Eksplorasi Kelas      Hafalan Doa Harian, Al Quran dan Hadits 10.15 – 12.30 BERMAIN EDUKASI      Baca Buku        Main puzzle, lego,dll sesuai minat anak       Makan siang       Bersih – bersih       Shalat dzuhur 12.35 – 15.00 TIDUR SIANG (Murotal Quran ) 15.05 – 18.00 PERSIAPAN PULANG        Mandi Sore       Shalat Ashar       Makan Sore       Bermain edukatif       Murotal Quran Keterangan : kegiatan harian dilakukan untuk membuat pola pembiasaan yang baik untuk anak dalam kehidupan sehari-hari